Kalkulator Pendidikan

Saturday, January 14, 2012

Penyakit German Measles/Campak Jerman


Rubella / German Measles/Campak Jerman

Penyakit ini meskipun secara klinik mirip rubella, namun penyakit ini disebabkan oleh virus rubella, Virus ini termasuk genus Alpha virus, family Togavirus.

Ditandai oleh adanya ruam 3 hari dan Iymphadenopaty general, biasanya; postauricular, suboccipital dan cervical. Penyakit ini sangat menarik kalangan medis karena sifat teratogenik nya, dan menimbulkan malformasi congenital pada bayi.

Setelah lnkubasi 14-21 hari akan muncul ruam dengan nyeri kepala, malaise, nanoreksia, conjunctivitis — coryza — batuk / cough yang ringan serta Iymphadenopaty. Adanya Iymphadenopaly, malaise disertai dengan munculnya ruam yang hanya berlangsung 3 hari adalah gejala yang " spesifik " untuk penyakit rubella pada anak.  Gejala coryza — cough — conjunctivitis ringan, dan Iangsung menghilang pada saat ruam muncul. Ruam pada penyakit rubella, merupakan clue/tanda  menuju diagnosis penyakit Rubella. 

Ruam muncul pertama kali di muka, dengan cepat menyebar ke leher, Lengan, badan dan ekstrimitas bawah, dan dihari pertama ruam sudah menyebar keseluruh tubuh. Pada hari ke-2, ruam dimuka sudah menghilang, dan pada akhir hari ketiga ruam sudah tidak didapatkan Iagi.Biasanya tanpa disertai desquamasl. 

Konfirmasi diagnosis Rubella di tegakkan dengan melakukan anamnesis yang baik dan pemeriksaan klinik yang teliti.  Apabila diperlukan diagnosis etiologi, maka pemeriksaan IgM (single serum) atau IgG (paired sera ) dapat dilakukan. Pemeriksaan IgM sebaiknya dilakukan saat muncul ruam. Sedangkan pemeriksaan paired sera dilakukan saat akut dan 2 — 4 minggu sesudahnya. 

Komplikasi Rubella jarang terjadi bahkan infeksi bakteri sekunder yang sering terladi pada campak juga tidak dijumpai pada Rubella. Beberapa komplikasi yang pernah ditemukan, antara lain arthritis, encephalitis, purpura.

Pengobatan hanya dilakukan secara suportif, dan imunisasi MMR pada umur 12-15 bulan dan diulang pada umur 4-6 tahun merupakan strategi prevensl terhadap penyakit Rubella ini.

Reactions:

12 comments:

saya baru tahu informasi mengenai penyakit ini sobat..
thanks for share.
ditunggu kunjungan baliknya sobat. thanks, happy blogging ;)

@ Ojel Htclampung : suatu kehormatan master singgah ke blog kami. Terima kasih atas kunjungannya.

@Outbond Malang : Kunjungan balik sampun....blog yang lengkap dan informatif. Salam

terima kasih bapak..
sudah kami kirimkan penawaran paket outboundnya via email bosasuransi@yahoo.com
terima kasih juga sudah berkunjung ke tempat kami.
atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
salam jabat erat :)

wuih namanya aja kebarat baratan tapi serem juga ni penyakit salam kenal ya om

hehehe...maklum yang menemukan penyakit biasanya dari luar negeri. Penyakit yang asli ditemukan oleh orang indonesia ialah : PANU ...hehe..just joke.
Salam kenal. kunjungan balik...siap berangkat.

kunjungan lagi siang2 kemari ni pak..
hehe..
oiya, minim 20 orang gpp kok pak.
udah saya bales juga via email.
thanks ya pak. ditunggu kabar baiknya.
#jabaterat selalu dari malang
happy blogging :)

kunjungan malam mas, silaturahmi wae

terima kasih atas kunjungan sobat @outbond malang dan sobat @rudi hartono.
Happy blogging...ya...Salam

@ mas rudi hartono : Just informasi mas, saya kesulitan kalo coment di blog sobat, terutama saat pengisian chaptha. Jadi kalo saya koment bisa masuk karena lagi beruntung, tapi biasanya harus ngulang 6-7 kali baru chapthanya bisa di croll down, jadi saya bisa isi chaptanya dan coment terpublish. Mungkin setting colomnya perlu di check lagi. Thanks.

saya telah berikan hadiah penghargaan award pada anda, silahkan ambil award anda, nama blog anda saya cantumkan sebagai salah satu penerima award sebagai partner dari blogger bondowoso

@Rudy hartono : Award saya terima. Terima kasih atas award yang diberikan, award ini merupakan penghargaan bagi kami.
Sekali lagi. SALUT dan TERIMA KASIH untuk Blogger Bondowoso.
Semoga semakin maju dan berjaya.
Salam. Happy Bloging.

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More